Peraturan tiap produsen mobil untuk mengikuti LCGC mobil murah adalah mewajibkan tiap mobil murah meminum bahan bakar dengan batas RON 92 atau setara dengan Pertamax. Haram bagi tiap mobil murah menenggak bahan bakar bukan subsidi.


Namun tanpa diketahui pasti teknis dilapangan dengan peraturan yang ditetapkan tidak sesuai, pasalnya jatah Pertamax memang belum merata di seluruh Indonesia, padahal sasaran penjualan produk LCGC mencakup seluruh wilayah Indonesia. Ada juga spekulasi yang menyatakan bahwa dengan kehadiran LCGC maka jumlah konsumsi bahan bakar bersubsidi akan membengkak, berbanding lurus dengan meningkatnya penjualan LCGC nantinya.

Pihak Daihatsu dari bagian Head Domestic Marketing Astra Daihatsu Motor (ADM), Rio Sanggau, mengatakan standar mesin milik Astra Daihatsu Ayla pun harus menggunakan RON 92, walaupun ia juga menyadari tidak semua pemilik Ayla akan selalu taat peraturan.

Bila ada konsumen yang memiliki Daihatsu Ayla mengalami kerusakan mesin dikarenakan mengkonsumsi premium, tidak akan ditanggung oleh garansi ADM.

0 komentar: