Telah resminya mobil murah Agya dan Ayla mengaspal, duet maut mobil murah ini bakal mendapat saingan kuat dari kompetitornya. Memang saat ini Toyota Agya dan Daihatsu Ayla masih mengukuhkan keberadaannya sebagai mobil murah tanpa saigannya, namun tidak lama lagi produsen lain akan ikut berkecamuk di segmen mobil murah.


Sekarang ini setidaknya sudah ada empat pabrikan yang sudah siap bermain di mobil murah LCGC. Selain itu ada sudah ada mobil murah dari produsen lain yang siap diterjunkan, yaitu untuk yang pertama adalah Datsun, Nissan membangunkan Datsun dengan menghadirkan varian mobil barunya yaitu Datsun Go yang telah dulu meluncur di India. Kedua adalah dari Honda, Honda Prospect Motor mengikutsertakan dirinya dengan membawa Honda Brio Satya sebagai andalannya. Dilanjut di urutan ketiga, Suzuki, Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan menghadirkan mobil murahnya yang disyalir adalah Wagon R sebagai  gacoannya, yang pernah sempat dipamerkan di PRJ beberapa pekan lalu.

Posisi keempat ada Tata Motors yang juga ikut serta memasuki segmen mobil murah LCGC di Indonesia, tak tanggung-tanggung, Tata Motors mengeluarkan sekaligus tiga variannya. Disusul juga oleh KIA Mobil Indonesia (KMI) yang kabarnya menawarkan Picanto Morning. Picanto ini hadir dengan kapasitas mesin 1.000 cc. Hanya saja, pihak KMI masih belum memberikan informasi mengenai keberadaan Picanto Morning.

Produsen asa Jerman yakni VW juga akan mengikusertakan pihaknya untuk bergabung mobil murah, dan terakhir ada Mitsubishi, pihaknya telah menggabungkan dirinya bersama Mitsubihsi Miragenya dan harus memenuhi syaratnya yakni menggunakan komponen lokal mencapai 80 persen lebih, dan juga menggunakan nama yang akrab dengan Indonesia.  

Tags: mobil murah

1 komentar: